Rumus Dasar di Excel

Operasi Dasar pada Formula

Beberapa operasi dasar dari formula di antaranya penjumlahan (SUM), rata-rata (AVERAGE), menentukan nilai terbesar (MAX), dan menentukan nilai terkecil (MIN).

a. SUM

Fungsi SUM digunakan untuk menjumlahkan sekelompok nilai, dalam hal ini adalah kumpulan sel-sel yang membentuk range. Dalam Excel, range digambarkan dengan bentuk sebagai berikut. SelAwal:SelAkhir, contohnya B4:C4. Secara formula, penggunaannya seperti berikut.

=SUM(SelAwal:SelAkhir)

b. AVERAGE

Fungsi AVERAGE digunakan untuk menghitung ratarata dari sekelompok nilai. Secara formula, penggunaannya seperti berikut.

=AVERAGE(SelAwal:SelAkhir)

c. MAX

Fungsi MAX digunakan untuk mencari nilai terbesar dari sekelompok data. Secara formula, penggunaannya seperti berikut.

=MAX(SelAwal:SelAkhir)

d. MIN

Fungsi MIN digunakan untuk mencari nilai terkecil dari sekelompok data. Secara formula, penggunaannya seperti berikut.

=MIN(SelAwal:SelAkhir)

Fungsi Manipulasi String

Dalam Excel terdapat beberapa fungsi manipulasi data bertipe string (teks), seperti: LEFT, MID, RIGHT. Fungsi-fungsi ini digunakan untuk mengambil sebagian teks dari suatu teks dengan kriteria tertentu.

a. LEFT

Fungsi LEFT digunakan untuk mengambil sebagian huruf dari sisi kiri berdasarkan pada banyaknya huruf yang ditentukan. Secara formula, penggunaannya sebagai berikut.

=LEFT(SelSumber;BanyaknyaHuruf)

b. MID

Fungsi MID digunakan untuk mengambil sebagian huruf mulai dari posisi awal yang ditentukan, berdasarkan pada banyaknya huruf yang ditentukan. Secara formula, penggunaannya sebagai berikut.

=MID(SelSumber;PosisiAwal;BanyaknyaHuruf)

c. RIGHT

Fungsi RIGHT digunakan untuk mengambil sebagian huruf mulai dari sisi kanan, berdasarkan pada banyaknya huruf yang ditentukan. Secara formula, penggunaannya sebagai berikut.

=RIGHT(SelSumber;BanyaknyaHuruf)

%d blogger menyukai ini: