Komponen RPP

Komponen RPP adalah :

1.  Identitas mata pelajaran

Identitas  mata  pelajaran,  meliputi:  satuan  pendidikan,  kelas,  semester, program/program  keahlian,  mata  pelajaran  atau  tema  pelajaran,  jumlah pertemuan.

2.  Standar kompetensi

Standar kompetensi merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan  dicapai  pada  setiap  kelas  dan/atau  semester  pada  suatu  mata pelajaran.

3. Kompetensi dasar

Kompetensi  dasar  adalah  sejumlah  kemampuan  yang  harus  dikuasai  peserta didik  dalam  mata  pelajaran  tertentu  sebagai  rujukan  penyusunan  indicator kompetensi dalam suatu pelajaran.

4. Indikator pencapaian kompetensi

Indikator kompetensi adalah perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk  menunjukkan  ketercapaian  kompetensi  dasar  tertentu  yang  menjadi acuan penilaian mata pelajaran. Indikator pencapaian kompetensi dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan.

5. Tujuan pembelajaran

Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar.

6. Materi ajar

Materi ajar memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi.

7. Alokasi waktu

Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar.

8. Metode pembelajaran

Metode pembelajaran digunakan oleh guru untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai kompetensi dasar atau seperangkat indikator yang telah ditetapkan. Pemilihan metode pembelajaran disesuaikan dengan situasi dan kondisi peserta didik, serta karakteristik dari setiap  indikator  dan  kompetensi  yang  hendak  dicapai  pada  setiap  mata pelajaran.  Pendekatan  pembelajaran  tematik digunakan  untuk peserta  didik kelas 1 sampai kelas 3 SD/MI.

9. Kegiatan pembelajaran

a.  Pendahuluan

Pendahuluan   merupakan   kegiatan   awal   dalam   suatu   pertemuan pembelajaran   yang   ditujukan   untuk   membangkitkan   motivasi   dan memfokuskan  perhatian  peserta  didik  untuk  berpartisipasi  aktif  dalam proses pembelajaran.

b. Inti

Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan pembelajaran   dilakukan   secara   interaktif,   inspiratif,   menyenangkan, menantang,  memotivasi  peserta  didik  untuk  berpartisipasi  aktif,  serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan ini dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.

c.  Penutup

Penutup  merupakan  kegiatan  yang  dilakukan  untuk  mengakhiri  aktivitas pembelajaran   yang  dapat   dilakukan   dalam   bentuk  rangkuman   atau kesimpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut.

10. Penilaian hasil belajar

Prosedur dan instrumen penilaian proses dan hasil belajar disesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada Standar Penilaian.

11. Sumber belajar

Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar, serta materi ajar, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kom petensi.

%d blogger menyukai ini: