Aplikasi Pemantau Gempa

Baru baru ini kita tahu gempa dengan kekuatan 7,2 SR melanda Pulau Pagai Selatan di Kepulauan Mentawai Sumatera Barat Indonesia, pukul 21:42:25 WIB Senin (25/10) yang mengakibatkan tsunami yang menewaskan ratusan saudara kita disana, sangat di sayangkan dengan majunya teknologi seperti sekarang ini masih saja terjadi seperti ini, antisipasi dengan teknologi canggih seharusnya sudah harus di lakukan di negara indonesia untuk menyelamatkan warganya dari amukan alam karena hampir di semua wilayah indonesia tidak aman dari gempa, apalagi indonesia yang di kelilingi dengan laut, potensi tsunami menghantui kepulauan Indonesia lebih besar. ini bukan hanya menjadi tugas pemerintah saja tapi kita sebagaiwarga negara. bagaimana permasalahan bisa terpecahkan dan tidak ada korban yang berjatuhan.

sebenarnya ada beberapa aplikasi yang bisa kita gunakan untuk mengantisisapi eh.. mengantisipasi gempa maksudku hanya dengan membutuhkan koneksi dengan internet, tidak perlu alat canggih sama sekali, anda cukup mendownload aplikasinya dan anda akan tahu pusat-pusat gempa di seluruh duni termasuk di negara tercinta kita ini. ada dua aplikasi yang bisa anda gunakan untuk memonitoring gempa di belahan dunia ini.

1. Nama versi softwarenya yaitu “Gempa Terkini” dari Tiwinet.com untuk dipasang di desktop tanpa membuka aplikasi browser

2. add ons firefox eQuake Alert anda cukup menginstallnya di firefox anda tapi add ons ini hanya support untuk firefox 3.6 ke atas.

NB: Untuk download klik yang cetak biru !

Kita bisa mengetahui dimana gempa sedang terjadi. Tidak hanya untuk wilayah Indonesia, baik versi sofware Gempa Terkini maupun eQuake juga akan menampilkan aktivitas gempa di seluruh dunia. juga akan menginformasikan kepada para penggunanya jika sedang terjadi gempa, baik tanggal kejadian, lokasi maupun besarnya gempa tersebut. Uniknya, kalau di versi software akan ada alarm yang berbunyi jika ada info Gempa terjadi dimana saja besar atau kecil, sedangkan pada eQuake jendela browser akan bergoyang seketika saat gempa baru saja terjadi. so kita bisa ngaciir duluan dunk :D

%d blogger menyukai ini: