Cara Membasmi Virus Lokal

Sering kali kita dibuat pusing gara-gara komputer yang sering digunakan telah terinfeksi virus. Bagaikan tamu tak diundang virus ini menyusup ke dalam ruang kerja (komputer) tanpa kita sadari. Walaupun kita sudah memasang anjing penjaga (baca : antivirus) yang super canggih dan telah di update tiap hari, namun virus tersebut tetap tidak tercium anjing penjaga.

Pada umumnya virus-virus komputer dengan mudah terdeteksi oleh antivirus yang selalu rutin di-update tiap hari. Namun kita seringkali menemui virus-virus yang susah untuk dibasmi meskipun kita sudah meng-update engine antivirus. Virus-virus ini biasanya buatan lokal yang lebih ganas menyerang komputer yang distribusinya dengan teknik rekayasa sosial (social engineering) melaui media flashdisk.

Berdasarkan data dari PT Vaksincom berikut adalah daftar virus lokal dengan aksi paling ganas pada kuartal pertama tahun 2007:

– Babon, 49 KB, mengubah properties dan AM/PM pada jam menjadi tulisan Babon.

– Aksika (4k51k4), 45 KB, membuat backup MSVBVM60.DLL. disable System Restore, aktif di normal mode, Safemode dan Safemode with Command Prompt.

– Coolface, 78 KB, virus Bangka yang ditulis dalam bahasa C++ dan berusaha membasmi semua virus Visual Basic dengan menghapus file MSVBVM60.DLL.

– KillAV, 22 KB, menyembunyikan semua file MS word dan mengganti dengan dirinya.

– Pendekar Blank, 34 KB, menyembunyikan folder C:\Windows\System32 dan membuat file duplikat sesuai dengan nama folder yang disembunyikan [system32.exe], membackup MSVBVM60.dll di C:\WINDOWS\system32\dllChache, manipulasi file .com dan .txt sehingga setiap kali dijalankan akan menjalankan virus.

– Pacaran, 59 KB, mengubah ikon file “non virus” (MP3, txt, reg file, jpeg, inf dan exe) di komputer korban menjadi folder dan tipe file application sehingga pengguna komputer mengira itu adalah virus dan menghapusnya. Aksi lainnya virus ini memanipulasi Host file, menyembunyikan drive dan folder, mengubah tipe file “File Folder”, MP3, JPEG menjadi W32.Pacaran.

– Blue Fantasy, 40 KB, otomatis menginfeksi dari Flash Disk, menyembunyikan folder dan menggantikan dengan file virus duplikat dengan ikon folder.

Ada beberapa program antivirus yang gratis dan cukup tangguh untuk membasmi virus, salah satunya adalah ANSAV. Antivirus buatan asli orang Indonesia ini dapat di downlaod secara gratis. Namun sayang software ini belum mampu mendeteksi keberadaan secara otomatis, so kamu harus melakukan scanning secara manual.

Cara Membasmi Virus Lokal :

  1. Install antivirus lokal, download antivirus disini Antivirus ini cukup handal dalam membasmi virus lokal.
  2. Restart komputer dan masuk Windows dalam safe mode, tekan F8 sebelum masuk windows atau setelah komputer booting, pilih safe mode.
  3. Masuk sebagai administator untuk memperoleh grand access.
  4. Lakukan full scan.
  5. Lakukan pembersihan, antivirus akan otomatis menghapus file yang terinfeksi virus.
  6. Update antivirus secara rutin minimal 3 hari sekali untuk mencegah virus varian baru.
  7. Jika kamu merasa kesulitan cara membasmi virus lokal, segera hubungi Visual Infokom
%d blogger menyukai ini: