Peraturan Pemerintah » Penilaian Prestasi Kerja PNS, PP NOMOR 46 TAHUN 2011

Penilaian Prestasi Kerja PNS, PP NOMOR 46 TAHUN 2011

Pemerintah RI pada tanggal 30 November 2011 menetapkan PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 46 TAHUN 2011 TENTANG  PENILAIAN PRESTASI KERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL, dalam PP ini terdapat beberapa ketentuan :

  1. a.     Penilaian prestasi kerja PNS adalah suatu proses penilaian secara sistematis yang dilakukan oleh pejabat penilai terhadap sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja PNS.
  2. b.    Prestasi kerja adalah hasil kerja yang dicapai oleh setiap PNS pada satuan organisasi sesuai dengan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja.
  3. c.     Sasaran Kerja Pegawai yang selanjutnya disingkat SKP adalah rencana kerja dan target yang akan dicapai oleh seorang PNS.
  4. d.    Target adalah jumlah beban kerja yang akan dicapai dari setiap pelaksanaan tugas jabatan.
  5. e.     Perilaku kerja adalah setiap tingkah laku, sikap atau tindakan yang dilakukan oleh PNS atau tidak melakukan sesuatu yang seharusnya dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
  6. f.     Rencana kerja tahunan adalah rencana yang memuat kegiatan tahunan dan target yang akan dicapai sebagai penjabaran dari sasaran dan program yang telah ditetapkan oleh instansi pemerintah.
  7. g.    Pejabat penilai adalah atasan langsung PNS yang dinilai, dengan ketentuan paling rendah pejabat struktural eselon V atau pejabat lain yang ditentukan.
  8. h.     Atasan pejabat penilai adalah atasan langsung dari pejabat penilai.
  9. i.      Pejabat Pembina Kepegawaian adalah Pejabat Pembina Kepegawaian sebagaimana dimaksud dalam peraturan perundang-undangan yang mengatur wewenang pengangkatan, pemindahan, dan pemberhentian PNS.

 

Tujuan Penilaian Prestasi Kerja PNS

Tujuan Penilaian adalah untuk menjamin objektivitas pembinaan PNS yang dilakukan berdasarkan sistem prestasi kerja dan sistem karier yang dititikberatkan pada sistem prestasi kerja.

 

Prinsip Penilai Prestasi Kerja PNS adalah:

  1. 1.     objektif;
  2. 2.     terukur;
  3. 3.     akuntabel;
  4. 4.     partisipatif; dan
  5. 5.     transparan.

 

Unsur yang dinilai:

a. SKP; dan

b. perilaku kerja.

PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 46 TAHUN 2011 TENTANG  PENILAIAN PRESTASI KERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL

Selengkapnya Silahkan download

disini

About these ads
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: